Tempat Wisata Jambi


Danau Kerinci
Danau yang terletak di kaki Gunung Raja ini merupakan danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci. Luas danau ini kurang lebih 5000 m persegi dengan ketinggian 783 meter di atas permukaan laut.

Keistimewaan

Pemandangan di sekitar danau begitu menawan. Mata tak akan bosan melihat hamparan air yang jernih dilatarbelakangi barisan pegunungan yang anggun. Di tengah danau terlihat perahu-perahu nelayan sedang mengarungi permukaan airnya yang tenang, tempat bersemayam sejumlah jenis ikan yang banyak ditangkap oleh mayarakat setempat.

Di desa-desa sekitar danau, terdapat sejumlah batu berukir yang konon peninggalan manusia megalit yang hidup ribuan tahun silam. Keberadaan batu ukir ini menunjukkan bahwa kawasan di sekitar Danau Kerinci merupakan daerah yang pernah dihuni manusia purba.

Di Danau Kerinci setiap tahun diadakan Fetival Danau Kerinci yang menampilkan berbagai macam atraksi kesenian masyarakat Jambi. Tujuan dari pestival ini adalah untuk memberikan suguhan terhadap para wisatawan yang datang berkunjung.

Lokasi

Danau Kerinci terletak di Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci, ProvinsiJambi, Indonesia

Akses

Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh melalui jalur darat dengan beberapa alternatif: alternatif pertama: perjalanan dimulai dari kota Jambi ke Sungai Penuh. Jarak antara Jambi dengan Sungai Penuh sekitar 500 km dengan waktu tempuh selama 10 jam. Perjalanan bisa dilakukan dengan kendaraan darat berupa angkutan umum, mobil sewaan atau mobil pribadi.

Alternatif yang kedua: perjalanan bisa dimulai dari kota Padang ke Tapan kemudian dilanjutkan ke Sungai Penuh dengan jarak 278 km. Perjalanan ditempuh selama sekitar 7 jam. Perjalanan bisa dilakukan dengan angkutan umum, mobil sewaan atau mobil pribadi.

Alternatif ketiga: perjalanan dimulai dari Padang ke Muaralabuh, kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kersik Tuo. Jarak dari kota Padang ke lokasi sekitar 211 km dengan lama perjalanan kira-kira 5-6 jam. Perjalanan bisa dilakukan dengan kendaraan darat berupa angkutan umum, mobil sewaan atau mobil pribadi.

Taman Nasional Kerinci Seblat
Taman Nasional Kerinci Seblat terletak di 4 wilayah propinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Sebagian besar kawasan taman nasional ini merupakan rangkaian pegunungan Bukit Barisan Selatan di Pulau Sumatera bagian tengah.
Dalam sejarah pembentukannya, taman nasional ini merupakan penyatuan dari kawasan-kawasan Cagar Alam Inderapura dan Bukit Tapan, Suaka Margasatwa Rawasa Huku Lakitan-Bukit Kayu embun dan Gedang Seblat, hutan lindung dan hutan produksi terbatas di sekitarnya yang berfungsi hidro-orologis yang sangat vital bagi wilayah sekitarnya.

Kelompok hutan tersebut merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) utama, yaitu DAS Batanghari, DAS Musi dan DAS wilayah pesisir bagian barat, DAS tersebut sangat vital peranannya terutama untuk memenuhi kebutuhan air bagi hidup dan kehidupan jutaan orang yang tinggal di daerah tersebut. Mengingat pentingnya peranan kelompok hutan tersebut, maka pada tanggal 4 Oktober 1982, bertepatan dengan Kongres Taman Nasional Sedunia di Bali, gabungan kawasan tersebut diumumkan sebagai Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah sam pai ekosistem sub alpin serta beberapa ekosistem yang khas (rawa gambut, rawa air tawar dan danau).

Museum Negeri Jambi
MUSEUM NEGERI JAMBI dibangun pada tahun 1981 diatas seluas ±13.350 m2 dan bangunan ±4.000 m2. Museum ini banyak menyimpan benda-benda bersejarah abad VII-XI masehi, maket rumah adat Jambi serta kehidupan suku-suku Melayu masa lampau.
Lokasi:
Terletak 5 km dari pusat Kota Jambi. Untuk mengunjungi tempat ini relatif sangat mudah hanya berjarak 7 km dari Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin. Apabila berkendaraan roda empat akan sangat menyenangkan karena tersedia tempat parkir yang luas dan aman.

Gunung Kerinci
GUNUNG KERINCI merupakan puncak tertinggi di Pulau Sumatera dan gunung aktif tertinggi di Indonesia dengan tinggi mencapai ±3.805 meter DPL. Cekungan kawahnya dari sisi ke sisi berukuran 600 x 100 m2 dengan daerah lava aktif yang berwarna hijau kekuning-kuningan 120 x 100 m2. Puncak gunung ini sangat sering tertutup kabut sehingga agak sulit dilihat dari kejauhan. Di kaki gunung ini terhampar perkebunan teh PTP VII Kayu Aro dengan luas 6000 Ha.

Suhu udara: Di daerah puncak berkisar antara 50 – 100 C bahkan dapat mencapai di bawah 00 C pada musim kemarau.

Pencapaian Lokasi: Terletak di kawasan gunung raya, dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat sampai desa Gresik Tuo dengan jarak ±43km dari pusat Kota Sungai Penuh. Untuk mencapai Gunung Kerinci dari desa Gresik Tuo dapat ditempuh dengan selama 10-12 jam.

Kegiatan yang dapat dilakukan: Untuk pendakian ke puncak gunung di ketinggian 3000 DPL harus berhenti dan menginap di Pos 10, dan selanjutnya diteruskan kembali Shubuh (pukul 05.00 WIB) dengan membutuhkan waktu ±90 menit. Bagi Wisatawan yang berminat melakukan mountaineering sport dapat dipandu oleh petugas dari Taman Nasional Kerinci Seblat melalui jalan trail sepanjang 16 km atau ±5 jam perjalanan, biasanya dilakukan siang hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: